Bikin Merinding! Begini Suasana Saat Eksekusi Hukuman Mati di Indonesia

191
Bikin Merinding! Begini Suasana Saat Eksekusi Hukuman Mati di Indonesia
BAGIKAN

Bikin Merinding! Begini Suasana Saat Eksekusi Hukuman Mati di Indonesia. Hukuman mati memang masih kontroversial di dunia internasional. Banyak negara-negara di dunia yang mengecam praktik hukuman ini. Mereka yang telah menghapus hukuman mati di negaranya membentuk sebuah gabungan yang saat ini terdiri dari 140 lebih negara.

Meski begitu, Indonesia masih menerapkan praktik eksekusi mati sebagai hukuman paling atas dan final. Biasanya hukuman ini dijatuhkan untuk jenis kejahatan tertentu seperti pembunuhan berencana, pengedaran narkoba dalam jumlah banyak, terorisme, dll.

Para terpidana yang terlibat kasus tersebut, akan menerima vonis hukuman di peradilan dari tingkat Pengadilan Negeri hingga Mahkamah Agung. Jika dijatuhi hukuman mati, terpidana masih dapat melakukan upaya terakhir agar terhindar darinya, yakni permintaan grasi kepada presiden.

Jika presiden bersedia memberikan grasi, maka hukuman diturunkan menjadi seumur hidup. Dan jika grasi di tolak, maka keputusan hukuman sudah final yang artinya terpidana tetap akan dieksekusi.

Pengadilan memberikan waktu bagi terpidana untuk memperbaiki diri sebelum eksekusi mati dilakukan, sekitar 6 – 10 tahun setelah vonis dijatuhkan. Lalu bagaimana sih proses pelaksanaan hukuman mati di Indonesia ? berikut ulasannya

Pemberitahuan jadwal eksekusi

Terpidana dan keluarganya akan diberitahu oleh pihak pengadilan tentang jadwal pelaksanaan eksekusi. Biasanya dalam waktu 72 jam sebelum dilaksanakan.

Didampingi rohaniawan

Selama menunggu proses eksekusi dilaksanakan, para terpidana mati akan didampingi oleh seorang rohaniawan untuk menenangkan diri. Para rohaniawan ini sendiri ditunjuk oleh pihak pengadilan. Mereka akan mendampingi terpidana hingga ke tempat pelaksanaan eksekusi.

Dibangunkan pada tengah malam

Para terpidana yang telah tiba waktu eksekusinya akan dibangunkan pada tengah malam. Kemudian mereka akan diberi waktu untuk melakukan ibadah terakhir sesuai kepercayaan masing-masing sebelum akhirnya dibawa ke tempat pelaksanaan eksekusi.

1
2
BAGIKAN

BAGAIMANA PENDAPATMU?