Tips Aman Bertransaksi Menggunakan PayPal

86
Tips Aman Bertransaksi Menggunakan PayPal
BAGIKAN

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan PayPal. PayPal adalah salah satu payment processor online terkemuka dengan pengguna lebih dari 30 juta di seluruh dunia. Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh PayPal. Diantaranya instant payment dengan beberapa klik uang diterima oleh penerima, perlindungan penjual, pengembalian dana, dll.

PayPal sangat digandrungi terutama pelaku bisnis online atau wirausahawan yang membutuhkan solusi pembayaran global untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Karena antusiasme pengguna yang tinggi, PayPal menerapkan sekuriti yang ketat dalam sistem mereka.

Tak jarang banyak rekening pengguna yang dicurigai melakukan pelanggaran mendapat sanksi salah satunya pembatasan rekening. Ketika rekening dibatasi, maka kita tidak dapat menggunakan beberapa fitur PayPal, seperti mengirim uang atau menarik dana ke bank lokal.

Nah agar rekening kita aman dari ‘pinalti’ PayPal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi pengguna baru. Apa saja ? berikut ulasannya

Login ke akun PayPal

Sebagai situs keuangan, PayPal memiliki tingkat keamanan situs yang tinggi untuk menjamin keamanan rekening-rekening penggunanya. Ibarat perbankan offline, PayPal benar-benar memprioritaskan keamanan akses rekening untuk menghindari kejahatan-kejahatan cyber seperti peretasan.

1. Hindari penggunaan browser yang memanfaatkan pihak ketiga

Salah satu cara PayPal mengamankan akses ke rekening pengguna adalah dengan mendeteksi negara asal IP perangkat pengakses. Kemudian mencocokkan dengan lokasi negara yang terdaftar di dalam akun PayPal yang bersangkutan. Beberapa browser memanfaatkan pihak ketiga (proxy server) untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih cepat saat mengakses internet.

Namun bagi PayPal, hal ini dapat menimbulkan masalah baru dimana saat kita mengakses PayPal menggunakan browser yang memanfaatkan pihak ketiga, maka IP yang terdeteksi adalah IP proxy server terkait. Dalam skema lanjutan, akun PayPal yang terdaftar dengan negara Indonesia kemudian diakses oleh IP Amerika akan dicurigai sebagai upaya pengaksesan tanpa otorisasi.

Jika Anda sering mengakses PayPal menggunakan perangkat seluler, kami sarankan Anda menggunakan aplikasi PayPal mobile.

2. Hindari penggunaan jaringan publik dan ber-IP dinamis

Yang dimaksud jaringan publik adalah koneksi yang dapat digunakan beberapa pihak dalam waktu bersamaan. Selain itu menurut beberapa sumber, beberapa provider telekomunikasi di Indonesia memiliki IP Dinamis yang berubah-ubah sehingga rawan digunakan untuk mengakses PayPal

Menerima Dana

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menggunakan PayPal untuk menerima dana, diantaranya :

1. Terima dana dalam jumlah yang minim.

Kelihatannya sepele tetapi beberapa kasus pembatasan rekening diakibatkan akun PayPal yang masih baru digunakan untuk menerima dalam jumlah besar. Tidak ada informasi resmi jumlah yang aman untuk menerima dana pada rekening paypal yang masih baru, tetapi disarankan nilainya dibawah $100 USD

1
2
BAGIKAN

BAGAIMANA PENDAPATMU?