Belajar Struktur Artikel Yang SEO Friendly

99
Belajar Struktur Artikel Yang SEO Friendly
BAGIKAN

Belajar Struktur Artikel Yang SEO Friendly. SEO atau Search Engine Optimization adalah proses optimasi suatu situs (terutama konten) agar dapat bersaing dan menduduki peringkat yang tinggi di Search Engine Result Page (SERP). Kualitas SEO akan menjadi tolak ukur apakah suatu situs memiliki kualitas yang baik atau sebaliknya.

Seperti yang kita ketahui, ada 2 jenis penerapan SEO, yakni On Page dan Off Page. Apa sih perbedaannya atau dimana sih perbedaan keduanya ?

SEO On Page adalah proses optimasi situs dari dalam situs itu sendiri sedangkan SEO Off Page adalah kebalikannya. Sedikit contoh SEO Off Page adalah optimasi backlink atau tautan dari situs lain ke situs kita. Apabila situs kita menerima backlink dari situs yang memiliki kualitas yang baik, kita akan ikut kecipratan (bener kan bahasanya ?) rating dari situs tersebut.

Logikanya seperti ini, misal situs A memberikan backlink ke situs kita kemudian robot SE merayapi situs A. Dan robot tersebut menemukan tautan ke situs kita, robot SE akan menganalogikan bahwa situs A memberikan semacam “rekomendasi” kepada SE. Situs kita pun akhirnya ikut menerima nilai tambahan dari Search Engine (SE).

Sedangkan contoh SEO On Page adalah yang akan kita bahas ini hehehe. Kalau begitu langsung saja inilah

Belajar Struktur Artikel Yang SEO Friendly

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat suatu artikel yang SEO Friendly. Disini kita akan membahas beberapa struktur atau bagian-bagian apa saja yang perlu dioptimasi agar artikel kita menjadi SEO Friendly.

1. Judul Artikel

Yang pertama dan paling atas adalah judul. Artikel yang baik adalah artikel yang memiliki judul yang simpel, to the point ke inti pembahasan, mengandung keyword, dan tidak terlalu panjang. Search Engine lebih suka pada artikel yang memiliki judul semacam ini karena lebih mudah untuk menentukan apakah ini sesuai dengan yang dicari pengunjung atau tidak. Lalu berapa panjang judul artikel yang baik ?

Panjang judul artikel yang baik adalah antara 50 – 120 karakter. Karena SE hanya menampilkan maksimal 120 karakter pertama dari judul suatu artikel di SERP.

2. Permalink atau URL

Hampir sama dengan judul, permalink yang baik adalah yang tidak terlalu panjang dan mengandung keyword. Jika kalian pernah melakukan searching atau googling, misal dengan kata kunci “kucing”, kalian tentu pernah melihat hasil pencarian yang tercetak tebal pada URL / permalinknya.

Antara :
URL 1 : www.inicontoh.com/read/?id=43275473 dan
URL 2 : www.inicontoh.com/read/cara-menjadi-tampan-dalam-5-menit/
tentu akan lebih SEO URL 2 karena mengandung keyword

3. Keyword dan tautan pada pembuka paragraf

Masuk ke bagian dalam artikel. Keberadaan keyword dan link pada pembuka paragraf sangat bagus untuk SEO. Biasanya 150 karakter pertama dari isi artikel akan digunakan sebagai deskripsi laman. Jika kalian memiliki blog, coba kalian cek index situs kalian. Kalian akan melihat kalimat-kalimat awal paragraf disematkan dibawah URL di hasil pencarian.

Kalian bisa menaruh ulang judul artikel kalian di pembuka paragraf dan memberi tautan mengarah ke kategori atau label/tag karena judul sudah mengandung keyword.

4. Penggunaan tag heading

Tag heading akan dianalogikan sebagai acuan susunan topik paragraf suatu artikel. Kalian harus memakai minimal 1 tag heading di dalam isi artikel kalian asal bukan tag H1 dan H2 karena tag H1 untuk nama situs dan tag H2 untuk deskripsi situs. Minimal H3 – H6. Tag heading di dalam artikel juga memiliki fungsi tambahan yakni sebagai keyword. Saat robot SE mengakses artikel kalian, dia akan membaca terlebih dahulu tag heading artikel kalian baru setelah itu membaca isi paragraf di bawahnya.

Jangan menaruh teks lebih dari 120 karakter pada tag heading karena bisa dianggap SPAM.

5. Panjang kalimat dan paragraf

Sepele tapi cukup penting. Usahakan untuk tidak menggunakan lebih dari 20 kata dalam 1 kalimat. Selain itu jangan membuat paragraf terlalu panjang. Biarkan pengunjung mengambil nafas untuk melanjukan membaca di sela-sela paragraf.

6. Jumlah kata

Jumlah kata dalam artikel kalian harus mencapai minimal 300 kata. Jika kalian melihat atau menemukan Jasa Penulis, pasti mereka menawarkan artikel minimal 300 kata ke atas. Jumlah kata yang banyak juga mengandung potensi keyword yang banyak pula.

7. Originalitas dan hak cipta

Usahakan menulis konten yang original hasil pemikiran kalian. Apabila kalian “terpaksa” copy paste, CANTUMKAN link asal tempat kalian “ngintip”. Begitu pula jika kalian menggunakan material misal gambar hasil download di Google, cantumkan juga minimal domain situs tempat kalian mengambil material tersebut.

Mulailah menjadi penulis yang baik dengan memperhatikan hak cipta karena Search Engine seperti Google sangat benci pelanggaran hak cipta.

Bagi kalian yang menggunakan platform WordPress untuk situsnya, kalian bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Ini plugin yang bagus karena dilengkapi SEO Analyzer dan juga sugesti apa yang perlu dibenahi dari artikel kalian.

Sekian sedikit tips dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa share serta ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Youtube untuk mendapatkan update gratis.

Sumber gambar utama