Cara Mencegah Penggunaan Key YouTube Data API Secara Ilegal

191
Cara Mencegah Penggunaan Key YouTube Data API Secara Ilegal
BAGIKAN

Cara Mencegah Penggunaan YouTube Data API Secara Ilegal. YouTube adalah situs berbagi video paling populer di dunia saat ini. YouTube merupakan salah satu produk Google setelah diakuisisi dari pendirinya yakni 3 mantan karyawan PayPal.

Sebagai situs publik, YouTube menyediakan fasilitas Application Progamming Interface (API) yang ditujukan bagi para pengembang aplikasi. YouTube memberinya nama YouTube Data API yang saat ini sudah mencapai versi 3.

Melalui YouTube Data API ini, pengembang bisa mendapatkan data-data yang ada di dalam situs YouTube untuk diaplikasikan kedalam proyek mereka. Data-data tersebut harus diolah sesuai metode penyampaian data sebelum dapat ditampilkan ke client. Cara yang paling banyak digunakan saat ini adalah dalam format JSON (JavaScript Object Notation).

Kita tidak akan membahas cara mengolah data API melalui JSON, tapi kita akan membahas cara mencegah penggunaan Key atau kunci otentikasi YouTube Data API yang kita miliki secara ilegal oleh orang lain.

Apa itu Key?

Key atau kunci otentikasi (Authentication Key) adalah cara lazim yang digunakan oleh content provider atau penyedia konten untuk mengautentikasi setiap request data yang masuk ke server mereka.

Mengapa menggunakan Key?

Melalui Key ini, mereka memastikan bahwa permintaan tersebut telah diotorisasi oleh pengembang yang memanfaatkan API mereka. Melalui Key tersebut, mereka juga memastikan bahwa sistem mereka memvalidasi penggunaan data oleh pengembang yang telah disetujui sebelumnya.

1
2
BAGIKAN

2 KOMENTAR

BAGAIMANA PENDAPATMU?