2017 India Wajibkan 88 Juta Sapi Punya KTP

23
BAGIKAN

Citizen6.net2017 India Wajibkan 88 Juta Sapi Punya KTP. Pemerintah India melalui perdana menteri, Narendra Modi membuat kebijakan yang unik. Ia mewajibkan seluruh sapi di negara tersebut untuk memiliki Kartu Identitas atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). Padahal selama ini yang wajib memikiki KTP adalah warga yang berusia minimal 17 tahun.

Kebijakan tersebut akan diterapkan mulai 2017. Hingga akhir tahun 2017, diperkirakan ada 41 juta ekor kerbau dan 47 ekor sapi. Masing-masing akan mendapatkan kartu dengan nomor identitas sebanyak 12 digit.

Untuk mensukseskan program unik tersebut, pemerintah India mengerahkan seratus ribu petugas untuk memasang label warna kuning di telinga hewan tersebut. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan peternak dengan produksi susu pada tahun 2022.

Kartu penduduk masing-masing sapi akan diserahkan kepada pemiliknya. Selain kartu terdapat juga dokumen yang bisa dipakai untuk mencatat kegiatan hewan mamalia tersebut dan juga infornasi kapan harus memberikan vaksin.

Selain itu dokumen tersebut juga untu memantau kapan sapi tersebut kawin dan melahirkan. Tujuannya, untuk mendapatkan calon sapi terbaik maupun peningkatan kualitas susu yang dihasilkan.

Label yang dipasang ditelinga tersebut dikatakan juga bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh sapi terhadap cuaca yang ekstrem. Menurut media setempat, label kartu tersebut juga bisa bertahan sampai beberapa tahun.

Beratnya label yang dipasang di telinga sapi itu hanya 8 gram. Sehingga dipastikan tidak akan mengganggu kesehatan dan aktivitas hewan tersebut.

Di India, sapi memang mempunyai kedudukan yang tinggi, dianggap sebagai hewan yang suci, sehingga harus diperlakukan dengan sebaik-baiknya.

Program pendataan sapi dengan membuat label dan memasang di telinga pernah dilakukan pada 2007. Namun tujuannya berbeda, yakni untuk mengurangi penyelundupan ke negara tetangga.

sumber

1 KOMENTAR

BAGAIMANA PENDAPATMU?