Cara Memindahkan Situs Ke Server Baru Dengan Cepat Tanpa Reupload

43
Cara Memindahkan Situs Ke Server Baru Dengan Cepat Tanpa Reupload
BAGIKAN

Citizen6.netCara Memindahkan Situs Ke Server Baru Dengan Cepat Tanpa Reupload. Pernahkan kalian merasa bingung ketika hendak memindahkan situs kalian ke server baru ?. Bingung disini karena ukuran file yang besar mungkin 500 MB atau lebih. Bagi kalian yang memiliki koneksi internet ngebut tentu tidak bingung tapi bagaimana bagi kalian yang koneksinya pas-pasan bahkan cenderung koneksi keong ?

Nah kami punya solusi yang bisa kalian coba. Sama seperti judul artikel ini bahwa kita akan belajar cara memindahkan file-file di server lama ke server baru TANPA reupload. Artinya jika normalnya kita mesti mengkompres file terus download setelah itu upload lagi ke server baru, kali ini itu semua hampir tidak perlu dilakukan. Nah bagaimana caranya ?

Import File Via URL

Yap jawabannya adalah dengan melakukan import file via URL atau link file. Nah dengan melalui import URL ini file-file dari server lama akan diimport ke server baru secara langsung tanpa perlu download-upload lagi. Selain itu kita tidak perlu khawatir dengan kecepatan internet kita karena proses import berjalan di Back-End server. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Mengkompress File

Silahkan kompress file-file di server lama terlebih dahulu menjadi 1, bisa dijadikan zip, rar, atau tar dll. Untuk mengkompress semua file, pertama pastikan posisi ada di direktori public_html. Setelah itu klik menu Select All, lalu pilih menu Compress. Nanti akan muncul dialog box untuk memilih format kompresi dan juga kolom untuk menentukan nama file hasil kompresan, lalu klik Compress File dan tunggu hingga proses selesai. Lama atau tidaknya tergantung seberapa besar ukuran total file kalian.

2. Membuat form Import URL di server baru

Setelah proses kompress file selesai, silahkan buka file manager di server baru kalian lalu buat sebuah file bernama import-url.php. Lalu masukkan script ini di dalam file tersebut.

3. Buka Form Import URL

Akses file import-url.php tadi dengan cara ketik di address bar browser kalian : IP-SERVER/~usernamecpanel/import-url.php. contoh 196.44.83.357/~citizen6/import-url.php atau http://www.domainkalian.com/import-url.php JIKA domain kalian sudah kalian arahkan ke server baru.

Ini adalah contoh tampilan form untuk import url
Tampilan form import url

4. Mulai mengimport file

Langkah selanjutnya adalah mulai mengimport file yang kalian kompress di server lama tadi. Caranya masukkan domain situs + nama file kompresan tadi (contoh : http://www.citizen6.net/kompresan.zip). Oiya ini berlaku jika domain kalian masih mengarah ke server yang lama. Lalu bagaimana jika sudah diarahkan ke server baru ? Sama seperti cara membuka form import tadi, buka dengan IP Server lama kalian misal http://147.36.393.45/~usernamecpanelserverlama/kompresan.zip (lengkap dengan HTTP nya ya).
Masukkan di kolom form import tadi dan klik Submit.

Tunggu proses import selesai

Selanjutnya adalah menunggu proses import file selesai. Gimana tandanya kalau sudah selesai ? Kalian akan melihat pesan berbunyi : File uploaded successfully! You can access the file here: ./namafile.zip di sebelah form import URL tadi.

Selanjutnya silahkan hapus file import-url.php dari server kalian agar tidak disalahgunakan oleh orang karena form tersebut bisa diakses siapa saja.

Selamat kini file dari server lama sudah berpindah ke server baru kalian!. Oiya cara ini sudah kami coba untuk memindahkan file berukuran 600 MB dan semua berjalan lancar. Jika kalian mengalami kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah.

BAGAIMANA PENDAPATMU?