Ini Lho Jadwal dan Rangkaian Acara Grebeg Suro 2016 Di Ponorogo

1796
Ini Lho Rangkaian Acara Grebeg Suro 2016 Ponorogo
Ini Lho Rangkaian Acara Grebeg Suro 2016 Ponorogo
BAGIKAN

Ini Lho Jadwal dan Rangkaian Acara Grebeg Suro 2016 Di Ponorogo. Ponorogo, kota kecil dengan kesenian tradisionalnya yang mendunia memiliki tradisi rutin setiap tahun ketika menyambut datangnya bulan Suro atau Muharram. Kota kecil disebelah selatan Provinsi Jawa Timur ini mengadakan beberapa rangkaian acara untuk memeriahkan acara yang dinamakan “Grebeg Suro”. Grebeg Suro tahun 2016 ini akan diselenggarakan mulai 25 September – 04 Oktober. Yuk intip kegiatan apa saja yang akan diadakan di Ponorogo.

1. Festival Reyog Nasional Ke – XXIII

Reyog ? Yang terkenal itu ? Iya dong. Reyog adalah acara wajib setiap pelaksanaan Grebeg Suro. Reyog sendiri memiliki komunitas/grup yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara lho. Biasanya acara ini digelar di panggung utama Alun-alun kota yang bisa disaksikan mulai 26-30 September 2016.

Festival Reyog Nasional (sumber : madiunpos.com)
Festival Reyog Nasional (sumber : madiunpos.com)

2. Kirab Pusaka

Selain Festival Reyog Nasional, acara yang rutin diadakan setiap Grebeg Suro adalah Kirab Pusaka. Yakni acara mengarak berbagai macam pusaka peninggalan para pendiri kota Ponorogo dahulu kala. Iring-iringan ini biasa dimeriahkan oleh pasukan berkuda dengan dandanan khas kerajaan beserta prajurit-prajuritnya yang dimulai dari depan Paseban menuju kota lama pada hari Sabtu (1/10/2016). Tak jarang juga diikuti kesenian Marching Band untuk menambah meriahnya suasana.

Kirab Pusaka Ponorogo (sumber : youtube.com)
Kirab Pusaka Ponorogo (sumber : youtube.com)

3. Larungan Di Telaga Ngebel

Selain sebagai obyek wisata, Telaga Ngebel ternyata juga mempunyai fungsi spiritualis khusus bagi masyarakat kota Ponorogo. Setiap Grebeg Suro, diadakan acara larungan di Telaga Ngebel sebagai wujud rasa syukur atas rejeki sekaligus do’a kesejahteraan bagi masyarakat Ponorogo. Acara ini biasanya dilakukan setelah acara kirab pusaka selesai digelar yakni Minggu (2/10/2016).

Larung Sesaji di Telaga Ngebel (sumber : kota-reog.blogspot.com)
Larung Sesaji di Telaga Ngebel (sumber : kota-reog.blogspot.com)

4. Konser Budaya (Iwan Fals)

Belum cukup sampai disitu. Masih ada acara yang menarik disaksikan yakni konser budaya yang akan dimeriahkan oleh penyanyi legendaris Iwan Fals. Acara ini digelar pada Selasa (4/10/2016) malam di Alun-alun kota.

Iwan Fals (sumber : zonakamu.com)
Iwan Fals (sumber : zonakamu.com)

5. Ponorogo Bersholawat Bersama Al-Habib Syech Bin Abdul Qodir As-Seggaf

Pemkab Ponorogo juga mengadakan pengajian Akbar pada hari Senin (26/09/2016) di stadion Bathoro Katong yang akan diisi da’i kondang Habib Syech Bin Abdul Qodir As-Seggaf. Sebagai salah satu wadah ungkapan rasa syukur dan lantunan do’a kepada Tuhan YME agar Ponorogo senantiasa diberkahi, aman, dan makmur.

Selain acara diatas, masih ada belasan acara lain guna memeriahkan Grebeg Suro tahun ini. Belasan kegiatan itu, yakni semaan Al Quran, grand final pemilihan duta wisata kakang-senduk, pembukaan Grebeg Suro, bumi reog bersalawat, pameran bonsai, pameran industri kecil dan produk unggulan, pameran pusaka, pameran seni rupa, pameran foto, pameran akik, dan lomba keagamaan.

Pemkab Ponorogo juga menggelar lomba burung perkutut, lomba mocopat, lomba karawitan, ketoprak, ziarah makam bathoro katong, kirab pusaka, lintas sejarah, pesona wisata, tumpeng purak, wayang kulit, larungan telaga Ngebel dan ruwatan bumi reog.

“Festival budaya dan Grebeg Suro tahun ini merupakan kegiatan terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari konsep acara yang jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata Budi, Kepala Humas Pemkab Ponorogo, Kamis (15/9/2016) siang.

Jadwal lengkap Grebeg Suro Ponorogo 2016 (sumber : ponorogo.go.id)
Jadwal lengkap Grebeg Suro Ponorogo 2016 (sumber : ponorogo.go.id)

Nah, jika kamu sedang butuh hiburan, kamu bisa ikut menyaksikan kemeriahan acara Grebeg Suro Di Ponorogo mulai 25 September – 04 Oktober 2016.

BAGAIMANA PENDAPATMU?