Grup Reyog Asal Korea Akan Unjuk Gigi Di Festival Nasional Reyog Ponorogo 2016

498
Grup Reyog Asal Korea Akan Unjuk Gigi Di Festival Nasional Reyog Ponorogo 2016
Grup Reyog Asal Korea Akan Unjuk Gigi Di Festival Nasional Reyog Ponorogo 2016
BAGIKAN

Grup Reyog Asal Korea Akan Unjuk Gigi Di Festival Nasional Reyog Ponorogo 2016 – Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun 2016 ini diprediksi akan menjadi salah satu pesta rakyat Ponorogo terbesar di banding tahun-tahun sebelumnya. Akan ada ribuan seniman reyog dari seluruh Indonesia yang akan turut mengambil bagian dalam acara yang merupakan bagian dari acara Grebeg Suro 2016 ini. Konsep yang dibawa pun jauh lebih megah dari tahun sebelumnya.

Selain grup reyog nasional, akan ada grup reyog asal korea yang bernama Singo Mudho juga turut hadir meramaikan acara ini. Grup reyog ini merupakan grup reyog yang terdiri dari warga korea penggiat kesenian Reyog serta warga Indonesia yang berada di Korea.

“Grup yang tampil dalam festival sebanyak 39 grup. Rinciannya, 16 grup dari Ponorogo dan 23 grup dari luar Ponorogo. Masing-masing grup bisa beranggotakan 50 hingga ratusan orang. Dengan demikian total seniman yang mengikuti festival bisa mencapai ribuan orang,” kata Ketua Harian Perayaan Grebeg Suro dan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNPR) ke-23, Sapto Djatmiko Tjipto di Ponorogo, Jumat (23/9/2016) siang.

Sapto mengharapkan Perayaan Grebeg Suro tahun ini yang akan dibuka Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi konsep perayaan tahun ini jauh berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Konsep perayaan grebeg tahun kami harapkan dapat menjadi tontonan menarik bagi wisatawan dan bisa berdampak ekonomi lokal. Wisatawan kalau bermalam di Ponorogo tentu akan menambah pundi-pundi ekonomi mulai dari hotel, kuliner hingga penjual pernak-pernik oleh-oleh khas Ponorogo,” ujar Sapto.

Sapto memperkirakan ribuan orang akan mengikuti perayaan Grebeg Suro yang menghabiskan anggaran dari daerah sebesar Rp 2,3 miliar. Sementara perputaran uang dalam perayaan diperkirakan bisa mencapai Rp 10 miliar.

BAGAIMANA PENDAPATMU?