Ini Dia Gejala Batu Ginjal Yang Harus Diketahui

112
Ini Dia Gejala Batu Ginjal Yang Harus Diketahui
BAGIKAN

Ini Dia Gejala Batu Ginjal Yang Harus Diketahui. Penyakit batu ginjal tidak bisa dianggap remeh. Anda pun perlu tahu tanda-tandanya itu.

Spesialis urologi Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ) dr Charles Martamba Hutasoit, SpU menjelaskan batu ginjal terbentuk karena endapan kristal. Umumnya berupa kalsium atau asam urat dan ditemukan di sepanjang saluran kemih. Dari mayoritas kasus urologi di Indonesia, penyakit ini paling banyak terjadi, yakni sebesar 75 persen kasus.

Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang akan merusak fungsi ginjal hingga berujung pada gagal ginjal. Sementara gejala batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu tersebut masih berada di dalam ginjal dan jika batu ginjal berukuran kecil. Namun, gejala akibat batu ginjal baru bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Berikut beberapa gejala batu ginjal, yakni :

1. Demam

Demam bisa menjadi diagnosa awal semua penyakit termasuk kemungkinan penyakit batu ginjal.

2. Mual dan muntah

Ini juga bisa menjadi indikasi awal penyakit batu ginjal. Perut terasa mual dan ingin muntah.

3. Gangguan buang air kecil

Batu ginjal menyumbat saluran air urin atau ureter di dalam ginjal. Saat batu ginjal muncul, kita akan mengalami beberapa gangguan pada saat buang air kecil seperti frekuensi bertambah, nyeri, berdarah, dan air seni keluar terputus – putus.

4. Nyeri pinggang menetap dan penderita sulit mencari posisi yang nyaman serta gelisah.

Gangguan lain yang bisa timbul adalah rasa nyeri di bagian pinggang yang membuat penderita tidak nyaman dalam mencari posisi duduk atau tidur serta perasaan gelisah.

BAGIKAN

BAGAIMANA PENDAPATMU?