Fakta dan Mitos Tentang Malam 1 (satu) Suro

889
Fakta dan Mitos Tentang Malam 1 (satu) Suro
BAGIKAN

Fakta dan Mitos Tentang Malam 1 (satu) Suro. Malam 1 suro identik dengan aura mistis dan cerita gaib yang kerap dikisahkan oleh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2016 ini malam tahun baru islam tersebut jatuh pada hari sabtu malam minggu atau sabtu malam tanggal 2 Oktober 2016. Ada apakah di balik malam satu suro 2016?

Ritual-ritual yang dilakukan saat menyabut bulan Suro
Ritual-ritual yang dilakukan saat menyabut bulan Suro

Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi adat istiadat nenek moyang, Indonesia cukup terkenal dengan berbagai mitos dan cerita rakyat tentang segala hal. Salah satu yang tak kalah menarik yakni cerita tentang mitos malam 1 suro. Tak heran jika salah satu produser film pada tahun 1988 sempat mengangkat cerita misteri tentang malam 1 suro yang dibintangi oleh Suzanna.

Mitos Malam Satu Suro

Sejak saya kecil hingga sekarang mitos malam 1 suro kerap terdengar di telinga manakala hari pergantian tahun baru islam tersebut semakin dekat. Di bahwa ini merupakan beberapa mitos yang mungkin saja juga pernah teman-teman dengar sebelumnya:

1. Lebarannya Makhluk Gaib

Cerita ini pasti sudah kerap terdengar di telinga kita, sebagian masyarakat pada masa lalu mempercayai jika malam 1 suro merupakan lebaran bagi makhluk gaib sehingga banyak diantara mereka keluar dari tempat persinggahan untuk melakukan berbagai aktifitas.

Anehnya mitos ini kerap dikaitkan dengan adanya penampakan serta gangguan makhluk halus di malam tersebut. Entah darimana awal keyakinan ini muncul yang jelas mitos tersebut hingga kini masih banyak dipercaya.

1
2
3
4
BAGIKAN

BAGAIMANA PENDAPATMU?