Meteor Jatuh di Surabaya
Meteor Jatuh di Surabaya

Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan bahwa ada sebuah meteor yang jatuh dan diklaim jatuh di wilayah Sidosermo, Surabaya. Apalagi video tersebut kemudian dikaitkan dengan isu dukhon yang sempat beredar sebelumnya.

Pada unggahan di platform lainnya, yakni di Twitter. Meteor tersebut disebutkan jatuh di beberapa tempat yakni di Madura, Papua, dan Surabaya. Dalam video tersebut terlihat seolah-olah ada benda jatuh yang mengeluarkan cahaya yang sangat terang.

Faktanya

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebutkan, apa yang direkam dalam video tersebut adalah hoaks atau hasil rekayasa. Video yang menyebutkan adanya meteor yang jatuh tersebut juga diduga rekaman video dari sampah luar angkasa yang jatuh menembus atmosfer Bumi.

Dikutip dari penelusuran HR Online, juga menemukan berbagai rekaman yang mirip seperti video meteor jatuh di Surabaya tersebut. Misalnya, video yang menunjukkan garis api seolah ada benda dari langit yang jatuh ke Bumi. Namun, video tersebut adalah video jatuhnya sisa-sisa peluncuran rocket di Wenchang, China, yang terjadi pada tahun 2019 akhir.

Pada 7-8 Mei 2020 terdapat asteroid yang melintasi Bumi, dan bukan menabrak Bumi seperti kabar yang beredar. Dari data NEO Earth Close Approaches, lima asteroid mendekat ke arah Bumi pada 7 Mei lalu. Asteroid tersebut bergerak sesuai orbitnya, dan sama sekali tidak menabrak Bumi.

Bukan meteor jatuh di Surabaya, melainkan lima asteroid yang melintasi Bumi, yakni 2009 XO, 2020 JE, 2020 JF, 2020 HM4, dan 2016 HP6. Selain itu, ada juga asteroid lainnya yang melintasi Bumi pada 8 Mei 2020 lalu, yakni asteroid yang diberi nama 2020 HB6. Asteroid ini memiliki ukuran diameter yang lebih besar, yakni 210 sampai 470 meter.

TULIS KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini